home Tentang YKDK Kegiatan YKDK Program YKDK Photo Gallery Kemitraan YKDK Berita English Language

YAYASAN KESETIAKAWANAN DAN KEPEDULIAN
Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian, disingkat YKDK adalah lembaga nonprofit pemberi bantuan sosial dan kemanusiaan kepada seniman dan olahragawan yang berjasa dan berprestasi, namun kehidupan ekonominya kurang beruntung. Begitu pula bagi kaum dhu’afa, korban bencana alam dan kelompok masyarakat marjinal yang belum tersentuh program bantuan yang ada.


VISI.
Membangun kesetiakawanan dan kepedulian melalui bantuan kemanusiaan yang dikelola secara tranparan, akuntable, tepat guna dan tepat sasaran.


MISI.
1. Membantu komunitas seniman dan olahragawan yang kurang beruntung dalam kehidupan ekonomi tapi pernah berjasa dan berprestasi membawa nama Indonesia dalam kancah nasional ataupun dalam skala internasional.

2. Membantu meringankan beban para korban bencana alam dan bencana sosial dalam rangka mempercepat proses pemulihan dan membangkitkan semangat hidup mereka yang tertimpa bencana.

3. Memberi santunan kepada fakir miskin, yatim piatu, anak jalanan dan kaum papa yang belum tersentuh oleh bantuan sosial.

4. Mendorong kemandirian ekonomi rakyat terutama dengan membangkitkan ekonomi kreatif melalui seni, budaya dan olahraga. Serta membantu usaha rakyat yang berkembang di masyarakat pedesaan.


MOTTO.
“Membangun Tali Jiwa Indonesia”
Artinya : membangun silaturahmi dan kebersamaan sesama anak bangsa dengan semangat peduli dan berbagi.


PRINSIP DAN PEDOMAN.
Dalam menjalankan kegiatannya, Yayasan memiliki prinsip pedoman dan pandangan sebagai berikut :

1. YKDK adalah lembaga pemberi bantuan yang sangat mengandalkan pada kemitraan dengan pihak lain untuk dapat bekerja sama dalam memberikan bantuan kepada masyarakat yang dituju.

2. YKDK sangat membutuhkan partisipasi dan pemberdayaan, sehingga bantuan yang diberikan YKDK dapat menginspirasi komunitas masyarakat untuk berkontribusi secara lebih luas.

3. YKDK sadar dan yakin bahwa bantuan kepada dunia seni, budaya serta olahraga, mempunyai pesan positif dan pengaruh besar dalam memupuk rasa kesetiakawanan dan kepedulian, sehingga dapat membentuk pengaruh sosial dalam membangun masyarakat yang berbudaya dan bermartabat.

4.YKDK menghargai kemitraan dengan organisasi, yayasan atau lembaga untuk bekerja sama dalam menyalurkan bantuan. Dan menyikapi para penerima bantuan dengan penuh rasa hormat.

5. YKDK memotivasi dan mengundang seluruh elemen masyarakat untuk bergabung secara aktif dalam setiap organisasi komunitas atau organisasi sosial sebagai bekal untuk memupuk rasa solidaritas dan kebersamaan.


PROGRAM UMUM
I. BIDANG KESETIAKAWANAN.
1. Membantu seniman, budayawan dan olahragawan yang telah berprestasi dalam kancah nasional ataupun internasional serta telah berjasa dan berkarya bagi indonesia, tapi kehidupan ekonominya masih kurang beruntung.

2. Memberi bantuan dan penghargaan kepada anggota masyarakat yang berprestasi dan berjasa dalam mengubah keadaan lingkungannya tapi masih belum mendapat perhatian atau penghargaan dari pemerintah atau lembaga yang ada.

3. Memberdayakan seniman dan olahragawan yang sanggar dan sasana olahraganya layak untuk dibantu sekaligus dapat berguna untuk mendorong potensi ekonomi kreatif masyarakat.

4. Memberikan penghargaan kepada para pihak (individu, organisasi, perusahaan) yang dianggap sangat peduli dan berjasa memajukan industri seni budaya dan olahraga.


II. BIDANG KEPEDULIAN.
1. Membantu korban bencana alam dan bencana sosial yang terjadi di wilayah Republik Indonesia.
Bantuan dapat berupa :
A. Pengiriman barang-barang dan bahan makanan yang dibutuhkan oleh korban bencana, sesegera mungkin.
B. Mengirim relawan untuk menolong, menyelamatkan dan memulihkan korban pasca bencana.

2. Memberikan bantuan sosial ekonomi memlalui lembaga sosial terpilih kepada kelompok masyarakat, antara lain :
A. Fakir miskin, anak yatim piatu, anak jalanan dan anak-anak terlantar yang belum tersentuh oleh program bantuan yang ada.
B. Tuna wisma , para pengungsi dan masyarakat tidak mampu yang bertekad untuk mengubah strata hidupnya agar lebih baik dan bermartabat.
C. Buruh tani dan nelayan yang membutuhkan alat-alat produksi untuk membantu produktifitas mereka.

3. Membiayai program pelatihan relawan dalam rangka meningkatkan kesiagaan masyarakat menghadapi bencana alam, serta membina hubungan dengan para relawan alumni pelatihan tersebut.


III. BIDANG RELAWAN
Dalam upaya mendukung pelaksanaan program dari Yayasan, Bidang Relawan bertanggung jawab dalam upaya mengkoordinasikan jaringan yang sedang dan akan dimiliki, yang pada tahap awal akan terfokus pada relawan mahasiswa. Dalam pelaksanaannya, Yayasan akan bekerjasama dengan beberapa Universitas, khususnya yang berada di wilayah JABODETABEK untuk mewujudkan terbentuknya jaringan relawan mahasiswa.
Ke depan, bidang relawan akan mengembangkan jaringan relawan yang akann melibatkan lebih banyak kelompok masyarakat, seperti Professional, Pensiunan, Pelajar, Organisasi ke-Agamaan, dan banyak lagi yang lainnya. Wilayah jaringan relawan juga akan terus dikembangkan, yang diharapkan akan bisa mencakup seluruh wilayah di Indonesia.

IV. BUKU-BUKU YKDK
A. Buku Panduan Untuk Relawan 2010
B. Buku Membangun Kemandirian, Paguyuban Pedagang Asongan dan Batik Pekalongan.


PRINSIP PEMBERIAN BANTUAN
Bantuan diberikan secara sistematis, terarah dan terencana; bersifat kemitraan, partisipatif, nonpartisan, jujur dan memberdayakan sesama, sesuai prinsip transparan, akuntabel, tepat-guna, tepat-sasaran.

1. Yayasan memberikan bantuan atau santunan secara langsung kepada si Penerima, melalui proses yang diajukan oleh suatu lembaga (LSM, Yayasan, Rukun Warga) atau organisasi masyarakat (asosiasi, perkumpulan, paguyuban, dll) yang peduli terhadap anggotanya.

2. Yayasan meberikan hadiah atau penghargaan kepada olahragawan ataupun seniman yang berprestasi dan berjasa bagi negara perlu mendapat bantuan. Pelaksanaannya dapat dilakukan dalam suatu kegiatan yang diselenggarakan oleh lembaga, organisasi atau kelompok masyarakat yang kompoten dan relevan.

3. Dalam hal bantuan terhadap korban bencana alam dan bencana sosial, Yayasan dapat memberikan bantuannya secara langsung dan spontan, secara cepat, tanpa harus menunggu pengajuan dari lembaga atau organisasi tertentu. Tetapi dalam pelaksanaan selanjutnya, dapat mengutamakan kerjasama dengan organisasi kemasyarakatan lokal.

JENIS BANTUAN
Jenis bantuan yang diberikan Yayasan, merupakan “Dana Kemitraan”, artinya: dana tersebut disalurkan melalui program kemitraan dengan pihak lembaga atau organisasi yang relevan, yang bertugas mengajukan daftar nama si penerima bantuan melalui proses seleksi dan penilaian tertentu yang obyektif. Dana Kemitraan tersebut dibagi dua, Yaitu:

(1) Dana Kesetiakawanan, dan
(2) Dana Kepedulian

Kedua Jenis Bantuan tersebut terbagi lagi berdasarkan kelompok sasaran. Dana Kesetiakawanan terutama diberikan kepada para seniman dan Olahragawan yang berhak, sedangkan Dana kepedulian lebih diarahkan untuk membantu korban bencana alam dan kelompok masyarakat marjinal lainnya.


SUSUNAN PENGURUS YKDK.

DEWAN PEMBINA : Djoko Suyanto
Purnomo Yusgiantoro
Sutanto
Muhammad S Hidayat
DEWAN PENGAWAS : Atmo Sardjono Soebowo
Prasetio
DEWAN PENGURUS :  

Ketua Umum : Arwin Rasyid
Wakil Ketua Umum 1 : Agustian Partawidjaja
Wakil Ketua Umum 2 : Sutrisno SP. SIP
Sekretaris Umum : Nenny Sri Utami
Wakil Sekretaris : Setiawan Ambardy
Bendahara Umum : Dessi Natalegawa
Wakil Bendahara : Dessy Deswita
Kepala Bidang Humas : Rully Novidi Amrullah



 

 

Sekretariat :
Graha Mas Fatmawati
Jl.RS.Fatmawati No.71, Jakarta 12150